Butik Online, Baju Muslim, Fashion Wanita, Reseller Dropship

Tips Berbusana Bagi Ibu Bekerja

Wanita-wanita bekerja yang juga seorang ibu seakan memiliki dua dunia yang menyatu. Penampilan ibu yang juga merangkap sebagai wanita karier lebih mudah ketahuan, karena biasanya ia menenteng berbagai macam hal sekaligus, misalnya laptop dengan kantung belanjaan, dan lainnya. Seringkali ibu sekaligus wanita karier ini di pagi hari menghadiri rapat di kantornya, lalu siang harinya menghadiri rapat orangtua murid dengan sekolah anaknya, sehingga para ibu bekerja tak punya waktu banyak. Ia harus pandai mengatur waktu dan bersikap praktis, termasuk dalam hal memadupadankan busana. Supaya tidak repot, berikut ini adalah beberapa poin yang bisa membantu Anda, para ibu hebat yang superaktif untuk menghemat waktu tanpa harus mengorbankan gaya berbusana:

1. Kurangi busana one-piece
Tak perlu terlalu banyak membeli dress, jumpsuit, atau busana one piece lainnya, karena Anda hanya bisa mengenakannya sesekali saja. Orang akan langsung menyadari ketika Anda mengenakan busana one-piece, karena cukup ikonik dan menarik perhatian. Satu kali pakai, dan Anda harus langsung mencuci pakaian tersebut, pun jarang bisa dikenakan berkali-kali.

2. Perhatikan bahannya
Bila aktivitas harian Anda sedang tinggi, tak jarang Anda akan tergesa-gesa sehingga busana terkena berkeringat. Pastikan busana yang Anda miliki terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan hindari membeli busana yang rencananya akan Anda kenakan harian dengan tag “Dry Clean Only”. Tipe busana “Dry Clean Only” akan butuh waktu lama untuk membersihkannya dan harganya juga tidak murah. Busana dengan lambang seperti itu hanya bisa dikenakan sesekali, khususnya saat acara-acara formal.

3. Blus/atasan cantik
Pilihlah blus atau atasan dengan variasi pada lengan baju dan detail minim yang menarik. Bayangkan busana cantik, tetapi Anda juga masih bisa bergerak bebas saat mengurus anak yang berlarian atau minta dibantu mengenakan sabuk pengaman di bangku belakang. Lengan terlalu panjang dengan model lonceng akan menyulitkan Anda bergerak saat harus mengerjakan hal-hal seperti itu.

4. Blazer dan jaket
Blazer dan jaket formal adalah cara terbaik untuk menciptakan kesan profesional di atas rok ataupun celana. Jika Anda mengganti bawahannya dengan jins atau legging, blazer atau jaket pun akan langsung terlihat serasi. Pilihlah jaket atau blazer dengan warna yang solid (satu warna), berpotongan pas tubuh, dan tanpa banyak detail. Investasikan pada ukuran panjang yang berbeda. Jaket yang dikenakan sebagai luaran, saat tak terlalu kotor pun bisa dikenakan berkali-kali asal pakaian yang Anda kenakan di dalamnya diganti.

5. Kardigan
Kardigan dengan segala model bentuk leher, baik V-neck atau scoop neck akan membantu Anda untuk bergerak sambil terlihat menarik. Ketimbang membeli sweater yang hanya bisa dikenakan sekali-sekali plus perawatan yang sulit, kardigan adalah pilihan terbaik.

busana ibu bekerja

6. Rok
Rok adalah salah satu busana profesional yang penting untuk dimiliki. Sedikit motif pada rok masih aman untuk dimiliki. Sebaiknya pilih rok dengan ukuran yang menengah, tak terlalu pendek, tetapi juga tak terlalu panjang. Anda ingin bisa bergerak bebas tanpa harus khawatir rok akan terangkat saking pendeknya, atau susah bergerak karena terlalu panjang.

7. Celana panjang
“Aturan” seputar celana panjang tak jauh dari “aturan” pada blazer dan jaket. Pilih warna-warna yang solid. Celana warna aman, dengan potongan yang cantik pada tubuh, seperti boot cut atau wide-leg akan terlihat serasi saat dipadankan dengan jaket denim, windbreaker, blazer, dan sebagainya. Celana berwarna khaki juga amat mudah dipadupadankan, tetapi waspada dengan celana bahan warna khaki yang terlalu tipis, karena bisa meninggalkan kesan kurang menarik jika terlalu “menyeplak” pada lekuk atau timbunan lemak di bagian pinggul dan bokong.

8. Stoking
Anda tipe pengguna stoking? Pastikan Anda menyimpan cadangan stoking baru di rumah dan di kantor. Anda tak pernah tahu kejadian apa yang akan membuat stoking Anda berlubang. Ini bisa menjadi hal yang paling memalukan karena membuat Anda akan terlihat tidak perhatian.

9. Pakaian dalam
Ini adalah investasi terbaik untuk Anda merasa percaya diri. Sebagian wanita cuek saja bila pakaian dalamnya tidak matching, tetapi bagi sebagian wanita, pakaian dalam harus senada, setidaknya warnanya. Untuk Anda yang tipe “miss matching”, lebih baik beli pakaian dalam harian dengan warna yang sama. Aturan ini hanya untuk pakaian dalam yang akan Anda kenakan sehari-hari. Simpan pakaian dalam mahal dan hanya untuk malam khusus suami di tempat yang berbeda, nah, bagian itu boleh Anda isi dengan warna-warni yang lain. Anda akan menghemat banyak waktu jika pakaian dalam harian Anda memiliki warna sama, tak pusing mencarinya di pagi hari.

10. Tas tangan besar
Tas tangan besar akan membantu Anda membawa banyak barang, mulai dari dompet, makeup, sisir kecil, ponsel, agenda, tisu basah, tisu kering, maupun barang keperluan si kecil. Pastikan tas tangan itu cukup kuat melewati berbagai “cobaan” tapi juga gaya saat dibawa bertemu klien maupun rekan-rekan di kantor.

11. Perhiasan
Perhiasan adalah hal kecil yang membuat seorang wanita terlihat lebih cantik. Anting, kalung, dan jam tangan yang tidak terbuat dari desain serupa, asalkan warna bahannya sama, seperti perak atau emas sudah cukup. Pilih yang desainnya simpel dan elegan. Tak perlu membeli gelang besar berderet yang dapat menimbulkan bunyi setiap kali Anda bergerak. Anda akan banyak bergerak, sehingga terbayang betapa berisiknya gelang itu bukan?

Poin-poin di atas adalah tips untuk para ibu yang ingin tetap terlihat menarik sambil tetap menjalani aktivitasnya sebagai ibu dan pekerja aktif. Namun tak perlu dibawa pusing, karena di akhir hari, si kecil sebenarnya tidak terlalu memedulikan apa yang Anda kenakan, yang penting ia tahu, Anda ada di dekat dia setiap kali ia butuhkan.. :)

Sumber: female.kompas.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

Related posts:

Tagged: , , , ,

Comments: 2

  1. Lizanovia M. Hadi 04/06/2012 at 02:14 Reply

    Tips yang bermanfaat. Meski secara pribadi, saya tak terlalu direpotkan dengan busana, mix and match. Karena saya memakai seragam dinas yang hampir sama tiap harinya :)

    • adminpm 04/06/2012 at 08:53 Reply

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini..
      Semoga artikel ini bisa membantu ya, walaupun setiap hari harus memakai seragam yang sama.. :)
      salam kenal & selamat beraktivitas.. sukses sll utk Anda :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge