Butik Online, Baju Muslim, Fashion Wanita, Reseller Dropship

Arti Simbol Untuk Perawatan Pakaian

Merawat pakaian merupakan kegiatan yang tidak boleh disepelekan, walaupun pakaian tersebut bermerk terkenal dengan harga sangat tinggi, tetap saja memerlukan perawatan yang baik agar tidak cepat rusak. Pakaian murah pun terkadang bisa lebih awet bila dirawat dengan benar. Salah satu kunci untuk merawat pakaian sebenarnya sederhana saja, yaitu kita bisa mengenali arti simbol yang biasanya terdapat pada pakaian.
Simbol-simbol yang harus diperhatikan agar pakaian tak cepat rusak tersebut diantarnya:

1. Simbol temperatur

Simbol temperatur

Simbol ini menunjukkan suhu yang dapat ditolerir oleh pakaian tersebut. Ada juga simbol dua tanda yang berarti harus di wool-wash dan mungkin harus dicuci dengan mesin khusus. Bila tidak ada tanda apapun, silahkan cuci secara biasa asal jangan melebihi 40 derajat Celcius.

2. Simbol pemakaian pemutih

simbol pemakaian pemutih

Simbol Pemakaian Pemutih

Sebelum memberikan cairan pemutih, sebaiknya baca dulu simbol pemutih yang digambarkan dengan logo segitiga. Bila pakaian tidak boleh diberi pemutih, maka gambar segitiganya dicoret silang.

3. Simbol pencucian dengan mesin

simbol pencucian dengan mesin

Simbol Pencucian Dengan Mesin

Simbol gambar tangan, berarti pakaian ini tidak boleh dicuci dengan mesin cuci atau harus dicuci manual dengan tangan. Bila dipaksakan mencuci dengan mesin cuci, maka pakaiannya akan mudah rusak.

4. Simbol Dry Cleaning

simbol dry cleaning

Simbol Dry Cleaning

Saat mencuci dengan cara dry cleaning, maka noda bandel seperti cat atau bahan kimia lainnya bisa dihilangkan dengan lebih mudah. Walaupun demikian, cara mencuci dry cleaning ini mempunyai efek negatif yang bisa membuat pakaian mengkerut dan warna pakaian memudar. Bila simbolnya berupa lingkaran dicoret silang, maka dry cleaning tidak boleh dilakukan terhadap pakaian ini.

5. Cara Pengeringan

simbol pengeringan

Simbol Pengeringan

Bila ada gambar satu titik di dalam lingkaran dalam sebuah kotak, berarti pakaian ini tidak boleh dikeringkan dengan suhu tinggi. Pakaian boleh dikeringkan dengan suhu tinggi bila terdapat dua titik di dalam lingkaran dalam sebuah kotak. Tanda silang artinya pakaian harus dikeringkan secara manual atau tidak boleh menggunakan mesin.

6. Simbol Peras Pakaian

simbol memeras pakaian

Simbol Memeras Pakaian

Sehabis mencuci biasanya pakaian langsung diperas agar cepat kering. Tetapi ada pakaian yang tidak boleh diperas. Simbol larangan untuk memeras pakaian akan dicantumkan jika memang dilarang untuk memeras pakaian tersebut.

7. Suhu Setrika

simbol suhu setrika

Simbol Suhu Setrika

Simbol setrika mirip dengan cara pengeringan, yaitu terdapat gambar titik. Bila titiknya hanya satu, maka pakaian tidak boleh disetrika dengan suhu tinggi. Setrika dengan suhu hangat bila terdapat gambar dua titik dan boleh dengan suhu tinggi bila terdapat gambar  tiga titik.

Sederhana dan mudah bukan? Pada umumnya produsen pakaian sudah mencantumkan simbol-simbol ini pada produk mereka. TInggal kita saja yang harus bisa membaca arti simbol tersebut agar perawatan pakaian dapat dilakukan dengan benar sehingga pakaian kita dapat lebih awet bahannya dan tidak cepat rusak. Demikian tips singkat perawatan pakaian ini, dan semoga bermanfaat.. :)

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

Related posts:

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge